Monday 21 October 2013

Seorang yang Uda Dewasa pun, Butuh Gaya Cinta Anak SD


Gue baru aja bernostalgia. Iya, gue habis flashback gara-gara nonton film Lion King. Film tentang kehidupan hewan-hewan itu tuh. Habis nonton film itu, gue jadi kebawa suasana sampe SD dulu.

SD, masa-masa dimana kepolosan seperti sebuah kewajiban. Entah soal ilmu, entah soal makanan, entah soal gaya berpakaian, entah soal cinta, semuanya penuh kepolosan.

Gue jadi inget, gue pernah jatuh cinta dulu waktu SD. Nggak kaget sih, gue waktu TK aja uda naksir sama temen sekelas TK gue dulu. Namanya juga normal. Atau diatas normal. Kurang tau juga.

Gue inget, dulu pernah suka sama temen sekelas gue. Anggep aja nama dia Bunga. Si Bunga ini, menurut gue adalah cewek paling cantik, paling imut, paling menarik dikelas gue dulu. Itu yang bikin gue jadi naksir berat sama dia. Waktu itu seinget gue kelas 4 SD. Kelas pertama dimana gue jadi seorang ketua kelas. Entah kenapa guru gue waktu kelas 4 SD, namanya Bu Zumaroh, milih gue jadi ketua kelas. Mungkin dia ngeliat tingkah laku gue, yang selalu pengen terekspose didepan umum ini kali. Gue gak ngerti.

Gue emang hobi sama yang namanya tampil didepan umum. Gue ngerasa seneng kalo gue jadi pusat perhatian. Entah, sifat itu kebawa sampe sekarang. Aneh emang.

Waktu itu gue lagi demen2nya nyuri2 pandang ke Bunga. Hal pertama yang menandai kalo gue lagi jatuh cinta adalah makeover habis-habisan dandanan gue. Sekedar info, gue adalah seorang cowok SD dengan badan paling kecil diantara yang lain, paling ganteng diantara yang lain (ini fitnah, dikit), dengan suara paling tinggi dari cowok2 lain (dan ini yang bikin gue gapaham kenapa gue jadi ketua kelas). Semuanya gue ubah jadi gini: seorang cowok SD dengan badan paling kecil diantara yang lain, paling ganteng diantara yang lain (ini juga fitnah, dikit, lagi), dengan suara paling tinggi dari cowok2 lain, yang sedikit lebih rapi. Dengan potongan rambut khas mandarin, saran dari Ayah gue kepada si pencukur rambut, gue mulai coba narik perhatian si Bunga.

Hal yang paling gue rasain sama perubahan tampilan gue adalah; gue sering didepan kaca. Gue jadi sering ngaca, ngeliatin rambut mandarin gue sambil latihan ngomong: ”hai Bunga, belum dijemput?”. Dengan nada khas film-film action yang sering gue tonton. Cakep abis (baca: cakepnya abis, tinggal jelek doang).

Setiap mau berangkat sekolah, sehabis mandi gue selalu make minyak rambut. Gue juga sempet-sempetin minta ke Ibu minyak rambut gatsby di Alfamart. Itu semua gue lakuin demi perhatian, atau Cuma sekedar kedipan mata cewek bernama Bunga itu.

Semua hal gue lakuin demi dia. Mulai dari sering maju ke depan kelas (maju doang, trus balik lagi), sampe bersemangat waktu kegiatan olahraga. Ya, satu-satunya kelebihan yang bisa gue banggain waktu SD dulu Cuma skill dasar maen bola gue. Berbekal ilmu dari sekolah bola yang uda gue ikutin sejak kelas 1 SD, gue adalah seorang cowok dengan semangat paling tinggi. Apalagi, dengan si Bunga yang jadi penonton disana.

Waktu itu lagi ada pertandingan antar kelas, kelas 4A lawan 4B. Gue adalah anak kelas A. Dengan berdiri bak pemain bola profesional, gue siap main. Bunga ada di seberang sana waktu itu, nyemangatin teman-teman cowok nya yang lagi main. Semangat gue naik puluhan ribu persen. Bak Andik Vermasyah kalo jaman sekarang, gue maen sekeren mungkin. Lari sana, lari sini. Jatuh bangun, sampe luka gores gak gue rasain. Itu semua gue lakuin demi image  “keren” yang harus gue dapet di mata Bunga. Gak peduli dia liat gue atau engga.
Pertandingan usai waktu itu, kita menang. Gue ngelap keringet, gue senyum-senyum bangga, rasanya kaya man of the match gitu deh.
Si Bunga lagi ada di deket gue, ah kesempatan. Gue coba tanya temen gue yang lagi disebelah Bunga.
“gimana maen gue tadi? Keren kan?” gue bertanya sambil senyum-senyum ganteng
“kaya kambing lepas”. Kata dia, dengan disambut tawa renyah si Bunga. Sialan.

Gue juga inget, dulu gue paling hobi sama yang namanya gambar anime. Karna dulu, gue suka nonton serial anime Naruto, gue jadi sering gambar-gambar tokoh-tokoh kartun didalemnya. Biasanya gue gambar waktu tugas gue uda selesai, waktu gue nganggur. Gambarnya pun gak di buku gambar, melainkan di halaman paling belakang buku tulis. Khas orang nganggur.

Karna waktu itu gue lagi naksir sama Bunga, gue coba gambar dia. Dengan rencana, gambar gue menggandeng tangan dia nantinya. Seperti biasa, gue gambar dibuku tulis Matematika, dihalaman kedua dari belakang. Gue inget, pas gue gambar si Bunga, gue terinspirasi sama Wulan Guritno. Pas gambarnya uda selesai, gue cek, gue puas. Mirip aslinya, dengan muka manis dan senyum renyahnya. Lalu, gue coba gambar diri gue sendiri. Waktu itu, gue gambar diri gue sendiri (dengan harapan) mirip sama Sasuke. Gue gambar sambil bayangin hasilnya, Sasuke gandeng tangan Wulan Guritno. Dengan ada inisial kita diatas gambar itu, G&B. Norak abis.

Setelah beberapa menit gue gambar, akhirnya jadi juga. Gue liat gambar dia, pas banget, mirip sekali sama Wulan Gurito. Dan waktu gue liat gambar diri gue sendiri, gue shock. Gambar gue malah lebih mirip Sasuke kena busung lapar. Gue gondok. Tapi setelah sekian lama gue pandangin, gue sadar. Memang, gue, Sasuke busung lapar, mungkin gaakan pernah mendapatkan Wulan Guritno. Setidaknya di gambar itu, kita bergandengan tangan.

Mungkin bagi orang dewasa, itu kelakuan yang norak. Kelakuan yang malu-maluin. But, enggak bagi gue. Entah apa aja yang uda kita lakuin, setolol apa yang kita lakuin, sememalukan apa yang kita lakuin, senorak apa yang kita lakuin, bodo amat. Mungkin ini yang uda gak bisa ditemuin waktu gue uda gede sekarang. Kepolosan. Sama sekali gak peduli dengan apa yang gue lakuin, yang penting Cuma: gue suka dia, gue harus dapet perhatian dia. Simple.

Itu semua yang harusnya bisa gue terapin ke cerita cinta gue, seperti sekarang. Gak kaya gini. Masalah cinta banyak yang harus dipertimbangin. Agama lah, restu orang tua lah, harus bisa bikin nyaman lah, harus tampil ngikutin jaman lah, harus ini itulah.
Kemana kepolosan kita waktu SD dulu?
Kemana gaya cinta-cinta an waktu SD dulu?
Kemana sifat masa bodo sama apa yang kita lakuin, dan Cuma mentingin alasan ini:
Gue suka sama dia. Apapun yang terjadi, apapun yang gue lakuin, apapun yang gue ucapin, sebodoh apapun gue dimata orang lain, senorak apa gue dimata orang lain, bodo amat. 1 hal yang paling penting adalah, gue sayang dia, tanpa alasan, tanpa pertimbangan, tanpa apapun kata orang, sekali lagi cuma 1, gue sayang dia. Cukup.

Share:

0 comments:

Post a Comment