Wednesday 5 August 2015

Move On Paling Susah, Move On dari Masa Sekolah


Hampir semua orang didunia pernah memasuki fase-fase setelah sebuah hubungan atau sebuah masa telah berakhir, fase itu biasa kita sebut move on. Ya, move on sering kali terdengar ketika kita merasakan sebuah hubungan percintaan yang kandas. Tapi, pernah nggak sih kalian sadari, bahwa move on paling parah adalah move on dari masa sekolah?


Move on dari masa sekolah adalah move on paling susah. Sampai kapanpun kamu pasti bakal rindu sama beberapa hal-hal kecil yang dulu kamu lakuin sewaktu masih mengenyam serunya bangku sekolah. Terutama masa-masa SMA.


Akan ada satu masa dihidupmu mungkin sewaktu kamu lagi bengong atau lagi apa, tiba-tiba kamu rindu jadi murid baru, membeli sebuah formulir di sekolah yang kamu tuju, lalu mengikuti satu hari sebelum Masa Orientasi Siswa dan mendengarkan apa aja yang harus kamu bawa keesokan harinya.


Tiba-tiba kamu rindu memakai berbagai macam atribut konyol, yang mungkin pada saat itu kamu sangat malu dan sering menggerutu tentang keanehan bentuk seluruh badanmu. Belum lagi caci maki sok kejam dari senior-senior yang ntah kenapa cowok dan cewek seperti merasakan PMS saat itu.


Tiba-tiba kamu rindu hari pertama dikelas baru, belum mengenal siapapun selain teman-teman satu kelompok MOS mu. Dan rindu dengan betapa bangganya kamu pagi itu dengan seragam putih abu-abu.


Tiba-tiba kamu rindu tentang bagaimana rajinnya kamu diawal kelas satu dengan buku tulis yang bahkan dua buku tulis untuk satu mata pelajaran. Satu untuk catatan dan satu untuk tugas. Yang dimana dikelas ketiga kamu hanya membawa satu buku. Satu buku berjuta ilmu.


Tiba-tiba kamu rindu berangkat sepagi itu, datang dengan sedikit gelisah karena pekerjaan rumah yang cukup susah. Lalu, dengan serunya menyalin pekerjaan teman, dengan sedikit ilmu peng-editan. Maka jadilah pekerjaan super instan. Pagi itu.


Tiba-tiba kamu rindu lari tunggang langgang, bingung kesana kemari karena topi dan dasi yang tidak kamu bawa padahal hari itu kamu mengikuti upacara bendera.


Tiba-tiba kamu rindu ditengah pelajaran yang sama sekali tidak seru, kamu meminta ijin kepada bapak/ibu guru agar diperbolehkan ke kamar mandi, yang pada akhirnya kamu belok ke koperasi.


Tiba-tiba kamu rindu gimana suasana ruang guru. Tempat paling angker bagi cowok berambut panjang. Dan tempat paling angker bagi cewek dengan seragam terlalu ketat.


Tiba-tiba kamu rindu gimana serunya menunggu rapot dibagikan. Yang sekarang hanya bisa memantau layar gadget untuk melihat berapa hasil yang kita peroleh selama ini.


Tiba-tiba kamu rindu masakan ibu kantin, jajanan-jajanan seribu-duaribu, atau bahkan jajanan gratis hasil jarahan kamu.


Tiba-tiba kamu rindu sewaktu kamu membawa makanan ringan untuk kamu makan bersama teman sebangku sewaktu pelajaran masih berlangsung.


Tiba-tiba kamu rindu sewaktu ada segerombolan adik kelasmu, dan kamu melewati mereka dengan penuh pesona.


Tiba-tiba kamu rindu semua yang ada pada sekolahmu, semua kenangannya, semua susah-senangnya, semua orang yang ada didalamnya, semua hal-hal kecil yang bahkan dulu tidak kamu sadari, semua caci-maki yang kamu terima disana, semua mata pelajaran yang menjadikanmu seperti ini sekarang, dan semua itu tidak akan lagi kamu dapatkan setelah 12 tahun melalui masa sekolah. Masanya memang sudah habis, tapi tidak dengan kenangannya.


Untuk kamu, kalian semua. Bersyukurlah pernah melewati sebuah masa terindah. Masa sekolah.
Share:

0 comments:

Post a Comment