Wednesday 26 June 2013

Dibalik tegangnya SBMPTN, Terselip Kisah Ini


Tanggal 17-18 Juni kemaren, gue ikut tes masuk perguruan tinggi negri, namanya SBMPTN. Nah, gue ikut tes ini karena gue gak lolos SNMPTN. Gue sebenernya males sama ini tes, karena gue gak ada persiapan sama sekali. Jangan kan belajar, pegang buku aja gapernah. Yah maklum, habis pengumuman kelulusan, buku2 gue uda gue masukin ke karung huaha. Beda banget sama anak2 yang bener2 uda rencana mau ikut ini tes, mreka hampir tiap hari les, iya, tiap hari. Bisa2 mereka jadi makan buku tiap hari gara2 keseringan liat buku. Serem.
Yang mau gue ceritain di artikel ini yaitu gimana proses tesnya, dan apa aja yang gue rasain waktu tes kemaren. Dibalik tegangnya tes ini, ada banyak kejadian yang patut gue tulis. Kali aja bisa bikin kalian ketawa, ato setidaknya senyum2 (najis) gitu hehe. Ato syukur2 dapet wawasan tentang gimana SBMPTN itu hehe. Yuk, gue ceritain.
Hari pertama SBMPTN
Di jadwal yang ketulis, gue harus masuk jam 07.30 dan paling lambat gue harus dateng 30 menit sebelum bel dibunyikan. Tepatnya jam 07.00 . Karena gue ngga tau tempat tes gue dimana, dan dengan adanya faktor jauhnya tempat tes, akhirnya gue berangkat jam 06.00. Habis sarapan dan cium tangan orang tua, gue berangkat ke Unair kampus C dengan harapan orang tua di pundak gue (cieh) dan tentunya dengan penuh kegantengan. Sampe disana kira2 jam 06.30, gue gak langsung masuk, karena nungguin 2 sahabat gue. Alasan lain karena SKL (surat keterangan lulus) ada di mereka. Setelah cukup lama berdiri dengan gantengnya, mereka dateng dengan senyum2 najong. Trus kita masuk ke tempat kita tes nanti. Setelah tanya2 ruang tes dan menandai kekuasaan (baca: pipis) kita nunggu jam masuk. Disini gue pisah sama mereka. Gue dilantai 3, 2 sahabat gue di lantai 2. Diatas gue sendirian, gaada temen yang gue kenal maksutnya. Disini gue ngeliatin mereka2 yang mau ikut tes jg. Fokus pertama adalah cewek wkwkw. Karena gue normal dan ganteng. Gaada yang menarik. Trus gue ganti fokus ke para cowoknya. Di deket gue ada 3 cowok yang nantinya gue kenal baik sama mereka.
3 cowok itu ternyata dari luar kota. Gue kasih spesifikasinya (emang gadget doang yang ada spek nya):
1.     Si Anak Tuban: anak dari Tuban ini gak begitu tinggi, dengan rambut gondrong dan logat khas Jawa. Yang bikin unik dia itu kalo diliat orang, dia pasti bales dengan senyum nyengir najongnya. Haha
2.     Si Anak Madura: anak dari Madura ini yang paling unik, dengan batiknya dan dia selalu make bahasa Indonesia. Gue pikir dia gaya make bahasa Indonesia, eh gataunya dia kaga ngerti kalo diajak ngomong bahasa Jawa -_- satu lagi, dia selalu bangga sama Madura-nya. Salut banget.
3.     Si Anak Nganjuk: anak ini yang paling banyak ngomong. Nadanya sok tau, tapi bikin pengen ngakak -_- mulutnya komat-kamit kaya dukun pas dia ngomong. Amazon.

Jam uda nunjukin pukul 07.30. Pengawas uda nyuruh para peserta masuk. Gue bingung, ini tempat tes kaya tangga, tapi gede gitu. Setelah nyari2 tempat duduk sesuai nomer peserta, kita nunggu bel. Lembar jawaban dibagiin, soal ditaruh dibawah kursi. Pas bel bunyi kita langsung ngerjain tuh soal. Soal pertama yang gue terima adalah TPA (tes potensi akademik). Karena gue merasa bisa ngerjain itu soal, gue kerjain hampir semua soal itu tanpa ngeliat jam. Ohya, sewaktu tes berlangsung, kita ngga boleh make jam tangan. Setelah hampir semua soal selesai gue kerjain, gue lanjut mau ngisi jawaban ke LJK. Baru ngisi beberapa jawaban, si pengawas gendut bilang kalo waktu ngerjain tinggal 5 menit. Gue kalang kabut ngisinya. Sialan. Buat yang mau ikut tes SBMPTN, diharap ngisi dengan cekatan dan selalu merhatiin waktu. Asli gakrasa banget.
Singkat cerita gue uda selesai sama tes2 yang dalam waktu sekejap sukses buat gue gila (bukannya uda dari dulu lih?), kelaparan, dan dehidrasi. Trus gue nyamperin sahabat2 gue dan ngajak mreka makan. Dan ngajak 1 sahabat gue yang beda tempat tes. Kita janjian di depan Galaxy mall. Gue dan kedua sahabat gue uda sampe di depan galaxy mall nungguin sahabat gue yang satunya. Kita nungguin dia sekitar 30 menit dengan udara panas menusuk tubuh kita (jiah). Akhirnya dia dateng dengan dampratan dari 3 orang sahabatnya. Emang enak.
Kita terus ngelanjutin perjalanan ke rumah makan Bebek Harrisa. Sial buat gue, ditengah perjalanan motor gue ngambek. Karet gasnya putus! Gue bingung. Gue terus mikir gini:
Pertama: kabel gue putus, gue gabisa jalan
Kedua: KABEL GUE PUTUS, GUE BINGUNG!
Karena takut gue teriak2 histeris kaya ibu2 muda ngelairin, sahabat gue terus berhenti dan dengan baik hati (biasanya buruk hati, seburuk mukanya) dorong motor gue sampe di rumah makan itu. Sampai disana kita milih tempat yang ada AC nya. Didalem yang tadinya sepi, sukses kita bikin gaduh dan bikin orang2 di dalemnya jadi susah makan, susah tidur, dan susah buang air besar. Setelah makanan dateng kita langsung makan. Ditengah2 makan, ada cewek cantik, cantik banget, makan disebrang kita. Nah, karena naluri alami, sebagai jomblo ngenes keren, spontan gue sama sahabat gue yang sama jomblonya langsung teriak2, nari2, melotot2 dengan girangnya. Nggak, itu Cuma khayalan, sebenernya kita Cuma melongo abis gitu ketawa bareng. Haha. Makan selesai, bayar udah, nandain kekuasaan udah, kita sepakat pulang. Dengan didorong sahabat gue, gue pulang dengan suka cita. Meratapi keapesan ini.
Hari Kedua SBMPTN
Hari kedua gue lebih santai, bangun jam 5 dan berangkat jam 06.15. Ditengah jalan kebetulan gue ketemu sama 2 sahabat gue. Hari itu gue make motor pegawai Ayah gue. Sampai diparkiran gue kaget, ternyata masih sepi. Sepi banget. Dari pada duduk dipinggir danau trus disosor angsa, kita akhirnya ke tempat tes. Gue gapaham, kenapa di deket danau itu ada angsanya, eeknya kan kemana2. Di dalem masih bener2 sepi, temen2 luar kota gue pada belum dateng. Akhirnya kita duduk2, gosip sana-sini, ngejek foto avatar temen, rame sendiri. Padahal disekeliling kita waktu itu banyak anak2 lagi pada belajar. Bener apa kata gue, mreka mungkin nantinya bakal makan buku biar bisa paham isinya. Serem abis. Abis gitu kita masuk keruang masing2 buat ngerjain soal tes.
Tes pertama itu bidang saintek. Pelajaran Ipa gitu. Pas gue buka, halaman pertama itu matematika. Yang gue pikir waktu itu gini:
Pikiran pertama: Ini soal harusnya buat profesor!
Pikiran kedua: Profesor harus botak, gue gamau botak!
Ganyambung abis.
Singkat cerita, gue sukses ngerjain tuh soal dengan semangat dan kegantengan membara. trus habis istirahat, gue ngerjain soal soshum. Soal bidang Ips. Setelah sukses, gue pulang. Sepulang dari tes seperti biasa, gue dan sahabat2 gue langsung mendinginkan otak. Kita ada rencana jalan2.
Sial buat gue waktu itu, sahabat2 gue pada sama pacarnya, gue? SENDIRIAN! Iya, gue jomblo waktu itu. Singkat cerita kita pulang kerumah masing2.
Itu adalah beberapa kejadian pas gue ikut SBMPTN kemaren. Menurut gue patut gue tulis, karena mungkin nantinya kejadian itu bisa gue inget pas gue tua nanti. Ato paling nggak buat ngehibur anak2 gue kelak J semoga bermanfaat
Share:

0 comments:

Post a Comment